Jumat, 19 Desember 2014

PKTI 1A (pertemuan 5)

JENIS-JENIS KOMPUTER


1.         Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Processor

·            MAINFRAME COMPUTER
Mainframe computer adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan.
·            SUPER COMPUTER
Super Computer yakni komputer yang dirancang secara khusus dan merupakan suatu mesin yang sangat mahal.Komputer ini dapat menganalisa dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat.
·            MINI COMPUTER
Mini Computer adalah kelas komputer multi-user yang terletak di tengah kisaran spektrum komputasi, di antara sistem multi-user terbesar(komputer mainframe) dan single-user sistem terkecil (mikrokomputer atau komputerpribadi ). Kelas pada satu waktu membentuk sebuah kelompok yang berbeda denganhardware sendiri dan sistem operasi, tetapi istilah kontemporer untuk kelas midrangesistem komputer, seperti tinggi akhir-SPARC, POWER dan sistem berbasis Itanium dari Sun Microsystems, IBM dan Hewlett-Packard Istilah Minicomputer sudah jarang digunakan, sekarang biasa disebut dengan Mid-Range Server.
·            PERSONAL COMPUTER (PC)
Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer(PC).


2.         Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Bidang Masalah

General Purpose Computer; digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).


Special Purpose Computer; adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program kkomputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan hybrid.


3.         Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

Komputer Analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.

Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman). Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal computer).

Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Contoh dari komputer ini adalah faksimile.

4.         Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk

Tower adalah komputer yang berbentuk seperti menara yang biasa diletakkan di samping atau di bawah meja, ukurannya relatif besar sehingga dapat memenuhi meja.


Komputer dekstop atau meja kerja adalah komputer yang biasa diletakkan di atas meja , komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang terjangkau, komputer seperti ini dapat kita temui dengan mudah diberbagai tempat semisal di kampus atau sekolah, di percetakan dsb.


Portable (mudah dibawa – bawa) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari dekstop karena bagian – bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa ke mana – mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering berada di lapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.


Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai untuk pelajar, mahasiswa, dan orang – orang bisnis). Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto.


Subnotebook atau netbook adalah komputer yang berukuran di antara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.


Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam. Ukurannya yang sangat kecil, kira – kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut handheld computer . Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar