Jumat, 19 Desember 2014

PKTI 1A (pertemuan 2)

Pengolahan Data Dengan Komputer

siklus pengolahan data
Penglohan data:

Suatu proses yang menerima data sebagai masukan (input), lalu diproses oleh program tertentu, dimana hasil dari pengolahan data tersebut dikeluarkan dalam bentuk informasi (output).

Input : Didalam langkah ini data awal, atau data input, disiapkan dalam beberapa bentuk yang  sesuai untuk keperluan pengolahan. Bentuk tersebut akan bergantung pada pengolahan mesin.

Proses :  pada langkah ini data input diubah , dan biasanya dikombinasikan dengan informasi yang lain untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih dapat digunakan. Langkah pengolahan ini biasanya meliputi sederet operasi pengolahan dasar tertentu.
Output : pada langkah ini hasil-hasil dari pengolahan sebelumnya dikumpulkan. Bentuk data output tergantung pada penggunaan data tersebut untuk pengolahan selanjutn

                       
PERBEDAAN DATA dan INFORMASI
DATA
INFORMASI
Pengertian:
Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti.
Pengertian:
Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Nama yang diberikan untuk fakta dasar.
Data yang sudah di ubah menjadi bentuk yang lebih berguna dan mudah dimengerti.
Contoh:
NPM, NAMA, KELAS
Contoh:
25212323, Tiara, 1EB40

SISTEM KOMPUTER

Sistem Komputer dibagi menjadi 3 bagian, yakni: 1. Software, 2.Hardware, dan 3.Brainware

Software
Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. 
Hardware
Hardware atau perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk proses komputerisasi.

Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ 
Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar